SELAMAT DATANG DI WEBSITE KEJAKSAAN NEGERI ACEH SELATAN - ALAMAT KANTOR: JALAN NYAK ADAM KAMIL NO. 56, TAPAKTUAN TELEPON : 0656-21016. FAX : 0656-21016. EMAIL : kejari.asel@gmail.com

Selasa, 28 Juli 2015

Kejari Tapaktuan: Kasus Narkoba Tertinggi Di Aceh Selatan

Apel peringatan Hari Bhakti Adyaksa ke-55 dilaksanakan sederhana di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Tapaktuan, dengan Irup Kejari Erwinsyah SH berjalan dengan hikmat. Insert: Kejari Tapaktuan Erwinsyah SH.Tapaktuan-andalas Penanganan kasus narkoba merupakan kasus terbanyak di Kejaksaan Negeri Tapaktuan. Semester pertama tahun 2015 tercatat sudah 10 kasus ditangani. Jumlah ini mengalami peningkatan 40 persen dari tahun sebelumnya yang hanya enam kasus.


Hal itu dikemukakan Kepala Kejaksaan Negeri Tapaktuan Erwinsyah SH menjawab pertanyaan wartawan selepas menggelar apel peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 55 di halaman kantor jalan Nyak Adam kamil Tapaktuan, Rabu (22/7) seraya memperkirakan jumlah kasus barang haram itu akan bertambah, mengingat kasus yang ditangani baru paruh tahun.
Erwinsyah yang baru setahun memimpin di Kejari Tapaktuan menerangkan, semasa kepemimpinannya Juli 2014 hingga Juli 2015 ada 89 kasus yang masuk. Dari jumlah tersebut sebanyak 85 kasus diterbitkan Surat Pemberitahuan Dimulai Penyelidikan (SPDP).

“Enam belas berkas kasus Pidana Umum (Pidum) di antaranya P18 dan P19 atau masih dalam pelengkapan/penyempurnaan berkas, kemudian 69 berkas kasus sudah P21 (berkas telah lengkap untuk penuntutan-red) dan sudah dimasukkan ke Pengadilan Negeri Tapaktuan,” katanya kepada andalas kemarin.
Menurut Erwin, dari 69 kasus 48 kasus diantaranya telah memiliki keputusan hukum (inkrah) sedangkan 9 kasus masih dalam upaya hukum antara lain 6 kasus banding dan tiga kasus lagi mengajukan kasasi. Sisa 12 kasus masih dalam masa sidang.
Menyangkut dengan kasus paling menonjol di kabupaten Aceh Selatan, selain narkoba meliputi sabu-sabu dan ganja juga kasus perlindungan anak atau penganiayan terhadap anak-anak termasuk di dalamnya kasus pencabulan. Kemudian kasus lakalantas yang mengakibatkan meninggal dunia.
Menyangkut dengan kasus yang menarik perhatian adalah kasus pembunuhan dan perampokan yang saat ini masih dalam proses upaya hukum, selain itu kasus penggelapan. Bidang Datun sambungnya, pihak Kejari Tapaktuan telah melakukan MoU dengan BPJS kesehatan Cabang Tapaktuan.
Selanjutnya, melakukan upaya penarikan uang TKI bagi anggota Dewan dengan cara menyicil, minimal besaran pengembalian Rp200 ribu/bulan yang disetor kepada kas daerah bagi mantan maupun anggota dewan yang belum melunasi pengembalian dana tunjangan komunikasi intensif tersebut.
Kajari Tapaktuan juga membeberkan bahwa dibidang intel juga telah melakukan penyuluhan hukum bagi masyarakat. “Perlu diketahui bahwa bidang intel saat ini kembali boleh melakukan penyelidikan terhadap kasus-kasus yang sedang ditangani,” terangnya.
Terkait dengan bidang Pidana Khusus (Pidsus) Erwin mengatakan, telah melimpahkan empat kasus kepengadilan Tipikor. Dua kasus diajukan kejaksaan yakni perkara kasus korupsi dana PNPM yang saat ini dalam proses kasasi serta kasus penggelapan aset daerah yang sudah inkrah dengan vonis satu setengah tahun.
Dua perkara lagi yang diajukan kepolisian menyangkut dengan kasus dana Pendidikan dan Pengembangan Mutu Guru (PPMG) dengan melibatkan dua tersangka, saat ini masih dalam proses upaya hukum, kasasi.
Kejaksaan Negeri Tapaktuan seperti diutarakan Kejari bahwa pihaknya saat ini sedang menangani atau tahap penyelidikan terhadap dugaan penyimpangan dana hibah dari negeri Australia kepada PDAM Tirta Naga Tapaktuan.
“Namun ada sedikit yang menjadi tanda tanya bagi saya, semenjak saya disini tidak satupun ada kasus perjudian yang saya tangani kecuali satu kasus, yang ditangani dan dalam wilayah Kajari cabang Bakongan,” tuturnya keheranan.
Kendatipun Kejaksaan Negeri Tapaktuan hanya memiliki lima jaksa ditambah dua Jaksa di Cabang Bakongan pihaknya tetap berupaya maksimal dalam menangani kasus-kasus hukum didaerah itu. “Setiap berkas yang sudah P21 langsung kami limpahkan ke pengadilan,” ujarnya.

Di Hari Bhakti Adyaksa ke 55 dengan tema Kita Tingkatkan Kinerja Bela Anak Bangsa yang menggambarkan bahwa seluruh tugas pokok dan fungsi kejaksaan semata-mata dilakukan demi membela anak bangsa, mendukung program pemerintah khususnya dalam bidang penegakan hokum. Sekaligus mengawal keberhasilan pembangunan, Erwin mengharapkan dukungan dari semua elemen termasuk dari rekan-rekan pers. Slogan AKUR (Ayo Kawal Uang Rakyat) merupakan cerminan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya juga mewarnai HBA ke 55. (HSP)

Sumber : http://harianandalas.com/kanal-aceh/kejari-tapaktuan-kasus-narkoba-tertinggi-di-aceh-selatan

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut