SELAMAT DATANG DI WEBSITE KEJAKSAAN NEGERI ACEH SELATAN - ALAMAT KANTOR: JALAN NYAK ADAM KAMIL NO. 56, TAPAKTUAN TELEPON : 0656-21016. FAX : 0656-21016. EMAIL : kejari.asel@gmail.com

Kamis, 26 Oktober 2017

Tim Jaksa Masuk Sekolah (JMS) Sambangi SMA Negeri Unggul Tapaktuan.



Tapaktuan - Kamis tanggal 26 Oktober 2017, sekira pukul 10.00 Wib, bertempat di Ruangan Serba Guna SMA Negeri Unggul Tapaktuan Jalan Gunung Durian Gampong Lhok Bengkuang Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Tim Jaksa Masuk Sekolah (JMS) Kejaksaan Negeri Aceh Selatan yang terdiri dari Ridwan Gaos Natasukmana, SH. (Kasi Intelijen), Handri,SH (Jaksa Fungsional Bidang Intelijen), Ivan Day Iswandy, SH (Jaksa Fungsional Bidang Intelijen) telah melaksanakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) dalam rangka mendukung terwujudnya revolusi karakter bangsa bidang pendidikan Nasional melalui penerangan dan penyuluhan hukum yang merupakan salah satu tugas serta fungsi Kejaksaan Republik Indonesia.

 Kegiatan yang bertemakan “Saatnya  Anak  Muda  Tampil  Menjadi  Generasi  Taat Hukum, Kenali Hukum Jauhi Hukuman” tersebut dihadiri pula oleh Ardo Gunata,SH,MH (Jaksa Fungsional Bidang Pidana Khusus Kejari Aceh Selatan/Selaku Narasumber), Marziati, S.KEP (Kasi Rehabilitasi BNNK Aceh Selatan/Selaku Narasumber), Wardan Syah, S.Pd (Kepala Sekolah SMA Negeri Unggul Tapaktuan), Perwakilan Guru dan Pegawai SMA Negeri Unggul Tapaktuan dan Perwakilan Siswa dan Siswi SMA Negeri Unggul Tapaktuan.

Bpk. Wardan Syah, S.Pd (Kepala Sekolah SMA Negeri Unggul Tapaktuan), dalam pembukaannya menyampaikan Selaku pribadi dan atas nama sekolah mengucapkan Selamat datang kepada Tim Jaksa Masuk Sekolah dari Kejaksaan Negeri Aceh Selatan dan sangat mengapresiasi serta mengucapkan terimakasih karena sudah memilih SMA Negeri Unggul Tapaktuan sebagai tempat penyuluhan dan penerangan hukum dalam kegiatan Jaksa Masuk Sekolah ini, dengan adanya kegiatan JMS seperti ini diharapkan para siswa dan siswi terutama di SMA Negeri Unggul Tapaktuan dapat lebih mengenal, memahami hukum dan tentunya mengenal Jaksa sebagai salah satu institusi penegak hukum di Indonesia”, ujarnya.

Kemudian sambutan oleh Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Aceh Selatan (Bpk. Ridwan Gaos Natasukmana, SH) selaku Ketua Tim JMS Kejaksaan Negeri Aceh Selatan, meyampaikan bahwa “Kegiatan ini merupakan pelaksanaan atau dukungan Kejaksaan Negeri Aceh Selatan terhadap Program Nawa Cita Presiden R.I dan Wakil Presiden R.I tahun 2014 - 2019 butir ke-8 (ke-delapan) yang menitikberatkan pada revolusi karakter bangsa bidang pendidikan nasional perlu didukung dan dilaksanakan melalui langkah strategis dan efektif, serta sesuai dengan Keputusan Jaksa Agung R.I Nomor: KEP-184/A/JA/11/2015, tanggal 18 November 2015 Tentang Pembentukan Tim Jaksa Masuk Sekolah Kejaksaan R.I., salah satu fungsi dari Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) adalah sebagai sarana penyampaian pengetahuan hukum kepada pelajar di Aceh Selatan  untuk bersikap dan berperilaku tertib dan taat hukum guna menumbuhkan disiplin nasional, sedangkan harapan dari kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS) adalah agar siswa siswi dapat memahami hukum sejak dini sehingga akan tercipta sikap ketaatan terhadap hukum, membentuk karakter generasi muda yang Anti Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), Anti Kekerasan, Anti Narkoba, serta penyakit sosial masyarakat yang bersifat negatif lainnya, dalam kegiatan ini tim JMS Kejaksaan Negeri Aceh Selatan juga bekerjasama dengan pihak BNN Kabupaten Aceh Selatan selaku Nara Sumber, mengingat pentingnya memberikan pemahaman bahaya Narkoba kepada Siswa/I sebagai generasi penerus bangsa dan seiring dengan meningkatnya tindak pidana Narkotika dikalangan remaja/pelajar di Indonesia Khususnya di Kabupaten Aceh Selatan”.


Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber dari pihak Kejaksaan Negeri Aceh Selatan yang diwakili oleh Ardo Gunata, SH, MH, yang pada pokoknya menjelaskan tugas pokok dan fungsi Kejaksaan, pengetahuan dasar tentang hukum pidana material maupun formal.
Pada kesempatan tersebut disampaikan pula pemaparan materi oleh narasumber yakni saudari Marziati, S.Kep selaku Kepala Seksi Rehabilitasi BNNK Aceh Selatan yang pada pokoknya memaparkan tentang Pemahaman Narkotika secara umum, Bahaya Narkotika, peredaran Narkotika, Hukuman serta jenis – jenis Narkotika serta langkah – langkah menjauhi Narkotika khususnya bagi kalangan pelajar.



Setelah pemaparan materi oleh Narasumber acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para siswa dan siswi kepada Narasumber dan Tim Jaksa Masuk Sekolah Kejaksaan Negeri Aceh Selatan, kegiatan tersebut ditutup dan dinyatakan selesai sekira pukul 12.30 Wib, dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah serta penyerahan souvenir dari tim JMS kepada peserta berupa kaos yang bertuliskan JMS, kegitan tersebut berjalan dengan aman, tertib dan lancar.



0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut