SELAMAT DATANG DI WEBSITE KEJAKSAAN NEGERI ACEH SELATAN - ALAMAT KANTOR: JALAN NYAK ADAM KAMIL NO. 56, TAPAKTUAN TELEPON : 0656-21016. FAX : 0656-21016. EMAIL : kejari.asel@gmail.com

Jumat, 11 Agustus 2017

Peresmian Kantin Kejujuran SMP Negeri 1 Tapaktuan oleh Kajari Aceh Selatan.

Bertempat di SMP Negeri 1 Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Jumat (11/08/2017), Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Selatan Munif, SH., SH, didampingi oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tapaktuan Kusmaniar, S.Pd meresmikan pembukaan Kantin Kejujuran SMP Negeri 1 Tapaktuan.

Dalam Sambutannya, Kajari Aceh Selatan mengatakan, Pembukaan Kantin kejujuran merupakan implementasi dari pemberantasan tindak pidana korupsi sejak dini, yang merupakan tindak lanjut Program Jaksa Masuk Sekolah dalam rangka penyuluhan dan penerangan hukum program pembinaan masyarakat taat hukum (BINMATKUM) kepada masyarakat melalui gerakan langsung anti korupsi sejak dini (Galaksi) dan kantin kejujuran.

Guna mewujudkan masyarakat yang mempunyai kesadaran dan budaya hukum, serta dalam rangka menghadapi tuntutan masyarakat untuk memberantas KKN khususnya tindak pidana korupsi, maka dengan dibentuknya kantin kejujuran diharapkan merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien dalam mendidik masyarakat untuk taat hukum dengan melibatkan masyarakat itu sendiri, dengan dimulai dari anak pra sekolah sampai perguruan tinggi dan komponen masyarakat lainnya. Muaranya masyarakat menyadari akan hak dan kewajibannya.

Adanya kesadaran akan hak dan kewajiban tersebut, maka masyarakat dengan sendirinya terbentuk kepribadian atau tidak memiliki niat untuk mengambil hak orang lain yang bukan haknya. Dengan kantin kejujuran akan banyak sekali manfaat yang dapat dipetik, terutama dalam menumbuhkan rasa kebersamaan, rasa memiliki, rasa tanggung jawab kepada diri sendiri, orang lain, kepada masyarakat maupun kepada Allah SWT. Karena dalam kantin kejujuran seorang pembeli harus melayani diri sendiri baik dalam memilih barang yang hendak dibeli, menghitung sendiri jumlah pembelian, memasukan sendiri uangnya dalam tempat penyimpanan uang yang telah disediakan, mengambil sendiri uang pengembalian, dan menulis sendiri dalam buku jurnal. Hal tersebut memerlukan jiwa dan sikap Jujur pada orang yang bersangkutan, Tegas Kajari.

Sementara Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tapaktuan Kusmaniar, S.Pd dalam sambutannya berterima kasih serta menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Kajari Aceh Selatan yang telah menjadi inisiator dibuatnya kantin kejujuran di SMP Negeri 1 Tapaktuan dimana Kantin Kejujuran SMP Negeri 1 Tapaktuan merupakan kantin kejujuran yang pertama sehingga diharapkan dapat menjadi pilot project terhadap sekolah sekolah lain yang ada di Kabupaten Aceh Selatan. Pembentukan kantin kejujuran sejalan dengan program peningkatan kualitas pendidikan secara nasional dimana peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya terkait masalah peningkatan dalam bidang ilmu pengetahuan akan tetapi peningkatan akhlak siswa didik.

Dengan diresmikannya kantin kejujuran diharapkan dapat memupuk sifat-sifat jujur dalam diri siswa siswi sejak usia dini, sehingga dapat membentuk kepribadian siswa secara sempurna sebagaimana dituangkan dalam motto yang ditanamkan dalam kantin kejujuran SMP Negeri 1 Tapaktuan, yaitu : "Allah melihat, malaikat mencatat".

1 komentar:

  1. Saya sangat mendukung adanya kantin kejujuran ini. Semoga tidak hanya di Aceh, daerah lain di Indonesia juga harus punya kantin kejujuran.
    Cara merubah ukuran font windows 10

    BalasHapus

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut